Standar tengah atau samping, pilih yang mana?

Ahass Bintang 07/11/2015 0
Standar tengah atau samping, pilih yang mana?

Standar yang artinya penopang. Pada kendaraan bermotor roda 2, pasti kita temui standar, baik itu tengah atau samping ( kecuali beberapa tipe khusus tidak ada ). Ada baiknya pengguna sepeda motor tahu kapan harus menggunakan standart samping atau tengah dengan tepat. Hal ini sangat berpengaruh pada keamanan motor itu sendiri.

Bagi sebagian orang, standar samping jauh lebih praktis karena selain posisinya tepat di samping kiri yang mana untuk menggunakannya pegendara tidak perlu ribet juga tenaga yang digunakan jauh lebih kecil ketimbang harus menggunakan standar tengah.

Namun, taukah brosist bahwa menggunakan standar samping itu resikonya lebih besar dari pada standar tengah?

Jika kita sering duduk- duduk diatas motor dengan standart samping digunakan, otomatis beban akan di topang standar samping itu sendiri, ban dan shock absorser. Jika hal ini dilakukan terus menerus dalam jangka panjang, bisa mengurangi usia part tersebut. Selain itu, jika kita sedang memarikir kendaraan dengan posisi standar samping, akan sangat tidak stabil posisi nya jika motor tersenggol. Jauh lebih aman jika kita gunakan standar tengah, karena dengan standar tengah, posisi motor akan jauh lebih stabil, beban tidak condong ke satu arah dan resiko motor terjatuh saat tersenggol sangat kecil.

Nah, jika sudah tahu begini, bijak- bijaklah menggunakan standar motor kita brosist. Nga maukan lihat motor kesayangan lecet karena jatuh diparkiran gara- gara tersenggol.

Leave A Response »

%d blogger menyukai ini: