Konsultasi : BeAT Injeksi sering mati mendadak

Ahass Bintang 27/04/2015 57
Konsultasi : BeAT Injeksi sering mati mendadak

Pertanyaan:
Langsung saja mas AHASS, saya punya motor Honda BeAT Injeksi, kendalanya motor sering mati mendadak waktu di rem. Saat di jalan raya tepatnya di lampu merah juga sering banget mati mendadak, itu kenapa ya? Lampu indikator tidak berkedip – kedip dan saya selalu isi tangki dengan pertamax.

Saya pernah hampir ditabrak truk di jalan karena masalah ini, sedikit kecewa dengan BeAT Injeksi. Padahal dulu saya juga pengguna Honda BeAT namun masih yang karburator dan tidak pernah ada masalah seperti ini.

Mohon solusinya, karena saya sangat tidak nyaman dengan masalah di motor saya ini.

Salam
Rita – Jogja

Jawaban:
Salam Satu Hati, salam kenal sis Rita. Tentunya sangat terganggu ya dengan keluhan dimotor Honda BeAT Injeksi sista. Kami bantu analisa masalah tersebut dari penjelasan sista, karena di bengkel kami pun pernah menemui masalah tersebut. Motor sering mati mendadak apalagi saat di rem, bisa di cek dulu langsam motor tersebut apakah terlalu kecil atau tidak (standart RPM 1700 ± 100 RPM). Jika lebih kecil dari standart tersebut, akibatnya motor akan sering mati. Selain itu perlu juga cek kondisi sensor- sensor PGM Fi dengan alat khusus yang ada di AHASS. Dengan alat khusus tersebut, akan bisa di ketahui jika ada kerusakan pada sistem injeksinya. Selain sistem injeksi, periksa pula stelan klep, apakah terlalu rapat atau renggang (celah klep BeAT Injeksi 0,14 mm ± 0.02 mm). Cek juga filter udara, jika sudah kotor sebaiknya langsung diganti karena tipe filter udara BeAT Injeksi adalah tipe filter basah sehingga tidak boleh di bersihkan melainkan jika sudah kotor musti langsung di ganti.

Untuk pemeriksaan dan pengecekan beberapa komponen diatas, kami sarankan sis Rita untuk datang ke AHASS terdekat di kota sista. Tidak ada salahnya pula minta pihak AHASS untuk setting Altitude ke mode 1 sebelum di stel langsam.

Terima kasih
AHASS Bintang Motor

57 Comments »