Periksa Komponen ini sebelum Mudik

Ahass Bintang 24/07/2013 0
Periksa Komponen ini sebelum Mudik

Lebaran sebentar lagi. Sudah menjadi rutinitas, saat lebaran kita mengunjungi sanak saudara di kampung halaman. Sarana mudik sendiri dari pemerintah dan instansi- instansi swasta telah menyediakan bahkan ada yang secara gratis. Namum, hal ini tidak menyurutkan niat bagi para pemudik untuk menggunakan sepeda motor sebegai sarana mudik. Nah, bagi pemudik yang berencana ingin ke kempung halaman menggunakan sepeda motor, ada baik nya mempersiapkan fisik serta kendaraan agar aman saat perjalanan jauh.

Beberapa hal berikut perlu di perhatikan pada sepeda motor:

  • Cek accu

    Tegangan accu disarankan untuk diangka 12 volt, jika kurang dari itu starter bakal susah. Jika di paksakan, khususnya untuk motor Injeksi bisa merusak ECM. Perhatikan juga assesories kelistrikan, untuk lebih aman, standart saja., karena pemakaian acs kelistrikan bisa membuat konsumsi arus lebih besar.

  • Lampu dan indikator

    Penting untuk mengecek lampu- lampu sebagai penerangan di malam hari atau indikator jika kita ingin berbelok atau mengerem. Bisa fatal jika ada salah satu lampu yang putus. Selain itu, trek yang panjang memungkinkan adanya lubang di jalan yang bisa berbahaya ketika berkendara tidak terlihat karena penerangan kurang.

  • Rem

    Rem berfungsi untuk memperlambat dan menghentikan laju kendaraan. Sangat penting untuk mengecek komponen tersebut. Untuk rem tromol, bisa dilihat dari indikator yang ada di panel roda belakang, sementara untuk kanvas rem cakram, bisa langsung di lihat secara kasat mata.

  • Roda dan ban

    Cek rim atau velg dari keolengan dan keretakan. Kalau ada indikasi 2 hal tersebut baik nya di ganti. Kembangan ban juga penting untuk memperbesar daya cengkram. Ada baik nya juga mengecek kondisi ban dalam ( jika menggunakan). Mempersiapkan ban dalam serep juga bisa untuk antisipasi di perjalanan.

  • Busi

    Jika di rasa kondisi busi masih bagus, tidak perlu di ganti. Tapi tidak ada salahnya membawa busi cadangan.

  • Karburator

    Perlu untuk membersihkan karburator, bagian main jet dan slowjet. Selain itu stel karburator sesuai kebutuhan mesin agar performa tetap maksimal.

  • Oli mesin

    Pakai oli sesuai spesifikasi motor, baik nya sebelum melakukan perjalanan jauh ganti oli dahulu.

Beberapa tips diatas bisa dilakukan sebelum melakukan perjalanan jauh. Sepeda motor di design untuk 2 orang, baiknya jangan membawa beban berlebih agar berkendara aman juga nyaman.

Semoga bermanfaat.

Leave A Response »

%d blogger menyukai ini: