Knalpot keluar asap hitam? Ini penyebabnya

Ahass Bintang 20/02/2015 2
Knalpot keluar asap hitam? Ini penyebabnya

Tak sedikit dari pengguna sepeda motor pernah mengeluh kalau bensin nya boros, busi basah (klomoh) dan knalpot keluar asap warna hitam. Kalau problem nya seperti ini pasti kita musti secepatnya ke bengkel langganan agar pengeluaran untuk beli bahan bakar tidak bengkak, tapi yang paling utama pasti cari tahu kenapa bias begitu. Secara teori, dengan kondisi busi basah dan bahan bakar boros, indikasi penyebabnya adalah stelan karburator tidak pas dan tidak seimbang dengan udara. Idealnya campuran bahan bakar dan udara 1:13, jika masalahnya stelan terlalu basah kemungkinan perbandingannya lebih kecil bisa 1:10 atau lebih kecil.

Dari pengalaman di bengkel, kami akan share beberapa problem yang bisa menyebabkan problem tersebut.

  1. Filter Udara

Filter udara adalah komponen penting untuk menghasilkan udara bersih untuk pembakaran. Jika filter udara tersumbat dan kotor, maka udara yang masuk ke karburator kuantitas dan kualitasnya kurang. Solusinya, ganti filter lama dengan filter udara yang baru.

  1. Stelan langsam

Stelan langsam tidak tepat, khususnya pada stelan angina, sehingga udara yang masuk terlalu sedikit. Solusinya tambah putaran ke kiri pada stelan angina di karburator, sampai didapat putaran langsam yang tepat ( bisa gunakan Tachometer agar lebih tepat ).

  1. Main Jet / Slow Jet aus

Lubang aliran bahan bakar Main Jet dan Slow Jet aus, sehingga kuantitas bahan bakar yang masuk terlalu banyak. Solusinya ganti Main Jet / Slow Jet ( Spuyer)

  1. Busi

Kondisi busi sudah jelek menyebabkan pembakaran kurang sempurna. Solusi ganti busi dengan yang baru.

  1. Valve in

Saluran masuk campuran bahan bakar dan udara melalui valve in, jika valve in bocor atau aus, campuran bahan bakar dan udara bisa masuk lebih banyak ke ruang bakar. Solusinya skir klep in.

  1. Kerak di ruang bakar

Seiring pemakaian dan baik buruknya kualitas pembakaran membuat adanya timbunan kerak di head cylinder. Ada baiknya untuk melakukan bongkar atas dan membersihkan head secara teratur.

Nah beberapa hal tersebut bisa di cek ketika knalpot keluar asap hitam. Semoga bisa membantu teman- teman yang sedang ada problem tersebut. Mau menambahkan? Silahkan bisa disampaikan di kolom komentar.., matur suwun.

2 Comments »

  1. agung nugraha 21/03/2015 at 12:36 PM - Reply

    Maf bos sy mau tanya kalo mtr sy cs1 knp yh bunyi nerektek terus setiap mesin menyala.?..
    apakh itu tnda kerusakan dri ketengnya…
    Boleh dong tipsnya cara membetulkanny bagaimana?

  2. agen korset munafie 12/10/2016 at 11:32 AM - Reply

    makasih panjalasannya

Leave A Response »

%d blogger menyukai ini: