Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Pelajar Saat Naik Motor

Ahass Bintang 29/04/2016 0
Ini 5 Hal yang Harus Diperhatikan Pelajar Saat Naik Motor

Jakarta -Remaja adalah kalangan yang paling berisiko mengalami kecelakaan di jalan. Karena itu sebelum berkendara, ada setidaknya 5 hal yang harus diperhatikan dan dilaksanakan.

“Kawan-kawan, ada berbagai persiapan yang harus dipersiapkan sebelum berkendara. Dan ini harus benar-benar dilaksanakan,” ujar instruktur keselamatan kendaraan JDDC, Jusri Pulubuhu, kepada siswa-siswi SMAN 2 Jakarta.

Jusri pun menjelaskan poin-poin penting yang harus diperhatikan. Di antaranya.

1. Cukup umur, setiap pengendara yang berkendara harus sudah cukup umur. Dan hal ini jelas tertulis dalam Pasal 81 ayat 1-4 Undang-undang No 22 tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan.

2. Memiliki SIM, tidak hanya cukup umur memiliki Surat Ijin Mengemudi juga menjadi poin penting yang harus dimiliki sebelum berkendara.

3. Penting atau tidak berkendara, pastikan Anda memutuskan berkendara itu penting atau tidak. Jika tidak penting, jangan berkendara.

4. Sehat jasmani dan rohani, hal penting berikutnya ialah kesehatan. Pastikan sebelum berkendara harus sehat jasmani dan rohani.

5. Kendaraan (safety Gears), pastikan setiap pengendara harus mempersiapkan kendaraan dengan baik. Tidak sampai disitu, persiapan keselamatan seperti menggunakan helm, sarung tangan, celana panjang (tidak mengenakan celana pendek), dan tidak menggunakan sandal.

(detikoto)

Leave A Response »

%d blogger menyukai ini: