Konsultasi: Honda Vario kurang bertenaga

Andry 05/06/2012 48

Pertanyaan:
Salam Ahass Bintang Motor,
Saya ingin bertanya, kenapa motor vario gak ada tarikannya? apa yang harus di ganti?
Terimakasih

Salam
Heru Sutomo
Cirebon

Jawaban:
Selamat Sore Pak Heru,
Ada beberapa kemungkinan yang bisa menyebabkan motor matic tarikan nya kurang. Misalnya, ruang CVT kotor, kondisi V belt yg sudah aus, roller aus, atau pegas driven face lemah.

Untuk perawatan komponen penggerak pada ruang CVT disarankan setiap 8000 km di bersihkan, dan untuk penggantian V belt setiap 24.000 km/2 tahun ( penggunaan normal).
Berdasarkan KM motor Honda Vario bapak, apakah Bapak sudah pernah memeriksa atau mengganti komponen tersebut?

Saran kami, bisa coba di bawa ke Ahass dulu pak untuk pengecekan motor nya, kebetulan untuk daerah Cirebon
kami mempunyai cabang Bengkel Bintang Motor, tepat nya di Jl. Fatahillah, Blok Kaliandul Desa Satu Kulon,
Kec. Weru. Kab. Cirebon, (Depan RRI Plered) PIC Bengkel: Mas Bro Sukarman (081379151473)

Semoga sedikit saran dari kami ini bermanfaat untuk Bapak Heru.

Terima kasih
Neneng – Bintang Motor
Blog: bengkel.bintangmotor.com
Online Shop: www.bintangmotor.com

48 Comments »

  1. MUHAMAD IMRON 20/06/2012 at 12:14 AM - Reply

    PAK SAYA PENGEN TANYA KALAU CVT YA MNGELUARKAN BUNYI BERISIK ITU KNPA YA..??
    PADAHAL V-BELT & ROLLER YA SUDAH SAYA GANTI + SAYA BERSIHKAN..
    KNAPA YA PAK..??
    MINTA SARAN YA..
    THX..

  2. dony 14/09/2012 at 7:34 PM - Reply

    pak,,saya mau tanya..motor vario saya kug tenaga nya gag ada??buat tanjakan aja gag kuat,,..apa pak kerusakan nya??mohon informasinya..makasih

    • Aziz 09/10/2012 at 11:25 AM - Reply

      Bisanya sih kalo’ gitu kemungkinan nya:
      Saringan udara yg kotor atau musti diganti
      atau bisa v-belt yang kotor karena debu karena itu musti dibersihkan atau bisa juga v-belt & Roller sudah mulai aus dan harus diganti dengan yang baru untuk penggantian roller tsb dananya lumayan besar!

  3. robert 18/10/2012 at 9:11 PM - Reply

    Salam Ahass Bintang Motor,
    Saya ingin bertanya, kenapa motor vario gak ada
    tarikannya? Dan mberebet

    • Ahass Bintang 24/08/2013 at 1:39 PM - Reply

      ngga ada tarikan cek v belt , roller dan per cvt nya bro.,
      selain itu cek juga karet+piston vakum, kalau komponen ini terutama karet nya keras, motor di gas jalannya tetep lambat,

      • Giang 13/07/2016 at 5:50 AM - Reply

        Maaf saya mau nanya motor saya karbu .cvt udah saya cek semua ganti baru vakum ganti baru.tapi tetep hak bisa nanjak….minta saran nya mas

  4. eko setiahardi 21/09/2013 at 5:37 PM - Reply

    Maap mas,mw nanya…
    Motor vario saya klo udh jln kok sering njeglong knpa ya?
    Terus kalo menurut mas oli vario diganti oli enduro 4T racing gmna?apa karena saya gnti oli enduro 4T racing trus mesinnya sering njeglong gtu?

    Salam

    Eko

  5. ajie 06/08/2014 at 2:37 AM - Reply

    pak maw tanya.mtr saya vario 125 thn 2012,knapa ya motor saya ga kuat ditanjakan kl saya buka gas lagi malah ngempos gt??kira2 sarannya apa yah??oya motor saya dari baru blm pernah ganti v-belt,KM uda 17000 itu pengaruh ga pak?roller uda 15gr(5 bulanan),per cvt pake pcx,busi iridium…selebihnya semua standar.
    mohon informasinya pak.terimakasih

  6. roja 02/10/2014 at 1:56 PM - Reply

    pak mau tanya, waktu di jalan menurun motor vario saya dimatiin, terus dihidupin lgi tp gk distarter ttp aja nyala, kenapa ya?apa dampak negatifnya?
    t.ksh

  7. imam 11/10/2014 at 10:57 PM - Reply

    Malam om, vario saya 110cc cw, 2012, km. 18.650. getarannya luar biasa sampai ke setang di rpm rendah. yang mw saya tanyakan kenapa setelah penggantian drive face,roller, v-belt dan driven face tidak ada solusi,tetap luar biasa getarannya.dan tidak bertenaga padahal kampas kopling baru. untuk getaran dah saya cek engine mountingnya. mohon petunjuknya yaa.. terimakasih.

    • Ahass Bintang 13/10/2014 at 10:42 AM - Reply

      Vario 110 2012 bearti masih yang karbu ya bro? sudah coba di cek piston dan karet vakum karbu nya? pastikan piston vakum tidak baret dan karetnya masih lentur. Kalau piston baret atau karet keras, tarikan bisa berat jadi timbul getaran. Sekalian bisa di cek per CVTnya. Monggo silahkan datang ke AHASS langganan dan oh ya, pastikan spare part yang dipakai ori Honda ya.,
      semoga sedikit saran ini membantu. 🙂

  8. moenir 26/11/2014 at 2:57 AM - Reply

    Mau tanya motor saya vario techno 110
    Pas pertama gas di plintir oke g ada masalh tp pas uda jalan trus gas nya stabil itu motor terasa banget ngendat ngendat kya bensin telat terus gas di plintir lg ngempos sama kya bensin telat gitu bis itu oke aja…padahal mulai dr mulai dr roller rumah roller v belt kampas kompling busi vakum krbu uda baru + ori semua tp ya masih seperti itu …..kira kira apa nya nya

  9. JOHN 20/02/2015 at 8:17 PM - Reply

    Vario techno 2011 saya dalam satu bulan ini sering bermasalah. Setelah dipakai selama 30 menit apal
    Bila mai digas setelah menurunkan kecepatan agak tercekek. Terus setelah terlalu lambat malah mesinya mati. Lalu di star hidup tapi jika di gas mati.Seolah olah tidak mau jalan. Baru siap diservice katanya stelan klepnya rapat. Namun masalah tsb masih tetap timbul kadang kadang. Mohon penjelasannya apa penyebab dan mengatasi masalahnya. Terima kasih

  10. dama wibawa 19/03/2015 at 11:01 AM - Reply

    pagi pak..saya mau tanya..
    motor saya vario techno 110 umurnya sudah 5 tahun,pada saat di gas awal tenaganya kurang dan saat jalan kok ngempos..mohon penjelasannya dan penyebabnya,terima kasih

    dama

  11. roni 30/05/2015 at 3:52 PM - Reply

    Kenapa ya hnda vario sy lambat tarikannya dan berat saat naik gunung,padahal sudah di bwa ke ahas ganti filter,bersihkan cvt,cek van belt,ganti karet vacum.

  12. dex bola 20/06/2015 at 8:03 PM - Reply

    salam honda
    selamat malam pak, saya mau konsultasi, motor saya vario tahun 2012 yg 110 cc yg pake karbu, saya memakai motornya sudah hampir 3 tahun, terus sekarang motornya sudah gak kuat di tanjakan, minta solusinya pak, roller+pak roller+v bel, sudah saya ganti setiap 24000 km, tapi tetap gak kuat di tanjakan!!

  13. nana 12/07/2015 at 6:54 PM - Reply

    Pa knpa ya roler vario sy baru ganti, penbel baru, kampas baru, tp ko gentakan pertama masih geterannya kenceng bngt, apanya ya yg kurang

  14. sutikno 22/11/2015 at 7:08 AM - Reply

    Mau nanya gan ..aku habis memasang ring seher/piston baru ..kok gak bisa di gas dan suaranya kasar

  15. muhammad yusuf 23/11/2015 at 4:49 AM - Reply

    kalau bengkel ahass daerah tangerang ada gk ya om coba mau ke bengkel’a langsung langsung di comeent yah om

  16. wirdan 13/12/2015 at 8:50 PM - Reply

    Asalamualaikum sya mau tanya…
    Vario saya sudah sya ganti v bat sama roler tapi kok madih gk da tenaga…?
    Mhon infonya ya…

    • Ahass Bintang 11/01/2016 at 11:33 AM - Reply

      Vario nya tahun berapa gan? pakai karbu atau sudah injkesi? kalau masih pakai karbu, coba cek karet vakum karbu, dan per CVT nya

  17. tri 05/01/2016 at 2:16 PM - Reply

    Saya pernah ganti ban dalam vario belakang…kena ongkos saja 28.000 Gimana kok mahal sekali?

    • Ahass Bintang 11/01/2016 at 11:31 AM - Reply

      ongko jasa tiap ahass beda gan, di AHASS Bintang Cibinong kisaran 20 ribu untuk tipe matic nya

  18. adhi permana 18/01/2016 at 3:45 PM - Reply

    Barusan saya dari bengkel ahas honda di cibubur tadinya motor vario cbs saya klo tanjakan suka ngorok alias gk kuat nanjak

    Ternyata setelah di ganti kanvas ganda sama yg laen2 di daerah cvt

    Sekarang udh gak ngeden lg
    Makasih HONDA

  19. marup 12/02/2016 at 8:44 PM - Reply

    Assalamualaikum wr.wb?
    Pa saya mau tanya,knpa sih mtor sya ng’ap d tarikan awal….
    Sya pake per cvt 1500rpm dan roller 12 grm itu seimbang gx pa?
    D tnggu jwaban nya,terima kasih….

    Froom :ma’ruf
    Karawang

  20. Hadi Wibowo 13/02/2016 at 8:02 PM - Reply

    Dear Ahass,

    Motor Vario 110 yang baru saya beli, ada semacam perputaran di bagian gardan yang tidak simetris atau semacam nya.

    Selama saya drive motor matic baru kali ini terjadi semacam itu.

    Pada service ke 1, saya sudah sampaikan kepada mekanik dan sempat di kendarai di bengkel resmi Ahass Tuminting Kota Manado, yang disampaikan oleh mekanik tersebut masalah tersebut tidak apa-apa dan aman untuk di kendarai.

    Tapi saya merasa kurang nyaman bekendara dengan tsb.

    Mohon sarannya.

    Best Regards,
    Bowo – Manado

    • Ahass Bintang 17/02/2016 at 11:00 AM - Reply

      Salam Satu Hati

      Apakah bapak sudah melakukan komparasi dengan Unit kendaraan lain yg sejenis? Apakah menimbulkan bunyi abnormal juga pak?

      • adhi 13/03/2016 at 4:27 AM - Reply

        Knp ea motor vario cbs 110 saya klo boncengan di tanjakan suka berisik dan tidak kuat nanjak mohon solusinya

  21. Samuel carry 17/03/2016 at 11:54 PM - Reply

    Salam ahhas bintang motor saya mau tanya kenapa ya vario saya kalo di geber maksimal itu ngebul dan tarikan nya lemot atau akselerasi nya gk ada ,lemes tarikan sampe ke arah putaran rpm tengah dan kadang2 normal dan tarikan nya kuat ,dan kadang2 juga lemes lagi .dan kalo di geber tuh juga ngebul tipis asap nya .?.apa yg harus di ganti.
    Terima kasih
    Salam
    Samuel carry
    Bekasi

  22. masgondrong 28/03/2016 at 6:33 PM - Reply

    Klo smua itu sdah di servis kan tp msih ttap gak bertenag apa mslhnya pak mhon sarany………….??????

  23. masgondrong 28/03/2016 at 6:45 PM - Reply

    Slm one heart mau tnya pak knpa mtor vario tecno cbs sya g ber tenaga pda hal v belt sdh gnti ,cvt udah di servis tpi ttp gak ber tenaga apa yg ber masalh ya pak mhon solusinya……………..

  24. rudy richi 10/04/2016 at 8:05 AM - Reply

    Mau nanya nih gan. Vario 110 ane stangnya miring kekanan,apa itu bawaan dr pabrik soalnya ane sudah ganti hanger pres segitiga bahkan sudah ganti stang tapi tetep aja rasanya miring kekanan…
    Mohon pencerahanya..thanks

  25. muhamma hasan 18/04/2016 at 11:04 PM - Reply

    Pak mau tanya nih
    kenapa ya… motor vario 150 saya kok sering getar saat pertama tarik gas, seperti ada kayak slip/ada yang tersendat dibagian cvt padalan saya sudah ke ahass buat perawatan cvtnya,
    menurut anda apanya yang harus di cek?

  26. Ryan 08/05/2016 at 3:19 PM - Reply

    Selamat sore, salam Ahass.
    Sya mau tanya bang? Jika pada saat motor sya berjalan di Rpm sedang tdk ngebut tapi suk ilang tenaganya ngelos begitu ajah, sdh cek karbu dan vakum karet serta sekitaran karburatornya aman” saja… bagaimana soluinya menghilangkan tenaga suka ngempos yaa.
    Thx.

  27. Obie 14/05/2016 at 12:03 AM - Reply

    Agan AHAS…..
    ane Punya Motor Vario tahun 2009
    smua terkondisikan
    suara Mesin halus… tapiiiii… kekurangan nya adalah pada tarikan awal nya kok gak bertenaga yaaa
    tp klo udah Ngebut di jalan lurus tanpa macet… baru tu enak banget rasanya
    tp klo saat star stelah lampu merah slsai
    ane slu ketinggalan dg pengendara lain nya… karna motor ane kurang Bertenaga Gan
    apa yg mesti ane Ganti atau lakukan pada Mesin motor ane gan… biar tarikan nya kenceng di awal
    biar ane gak kbanyakan service yg menghabiskan biaya tp hasil blm maksimal

    mohon respon nya Gan…. via email yaa gan
    juga share dsini… biar agan agan AHAS lain nya Juga tau sedikit info dari Admin AHAS

    BEST REGARDS

    • Gugun ahad h 08/07/2016 at 6:57 PM - Reply

      Menanti jawaban..soalnya kasus baris saya juga seperti itu

  28. iwang 10/07/2016 at 5:07 PM - Reply

    Slamat sore ,sya mau tnya vario thun 2008 sya ada suara brisik bgt dkt kipas jika keadaan mesin dingin tpi klo sudah d bawa2,atw sudah panas normal lagi

  29. Jupri Salsabila 16/07/2016 at 3:30 PM - Reply

    Gan mau nanya Vario ane klo panass gk mau jalan /hilang tenaga

  30. Hari Cahyanto 12/08/2016 at 12:21 PM - Reply

    VARIO KOMBI BREAK
    1. tidak ada tarikan : sudah ganti v beltnya
    2. rem tidak pekem : sudah ganti kanvasnya
    3. dalam kecepatan 80 km / jam suka oleng
    4. kom stir bila terdapat polisi tudur seperti terkena benturan : sudah ganti per sok breaker dan sudah stel kom stirnya.
    Dan setelah diperbaiki itu semuah tidak ada perbedaannya sama seperti awalnya

  31. Noval 13/11/2016 at 1:41 AM - Reply

    Salam ahas bintang motor , sy mau menghilangkan rasa keluh kesah sy di motor vario 110 cw 2011 ,kenapa tarikan tengah kosong dn butuh wktu untuk naik ke rpm tinggi . Mohon saran dan pencerahan nya. Sekian dan terimakasih

    Salam satu hati.

  32. Rimamw14 03/12/2016 at 3:12 PM - Reply

    Sore knpA kok mtr fario ku tk kuat nanjak klo bwt boncengn apa ny mksh mtor thn 2009

  33. sambakhri81@gmail.com 04/12/2016 at 10:06 AM - Reply

    Salam kenal untuk semuanya.
    Sy mau tanya.
    .sy punya motor vario thn 2008.tp klo baru jln tdk ada hentakanya..tp klo udah jln sekitar 200 m.baru bisa ngebut..itu apanya ya kawan.
    Tolong kasih tipnya dong.trima kasih.

  34. endar aldiansyah 23/12/2016 at 5:26 PM - Reply

    Maaf mau tanya kalau honda vario 110 esp Tahun 2016 memakai kampas cvt merk apa ya,kok punya saya baru 1 bulan pemakaian Dari baru sudah loyo,dan bersuara kasar. .Kampas bawaan motoR merknya exedy.. .Apakah sudah benar? Dan apa tindakan selanjutnya.. .karena masih dalam masa garansi dan gratis servis.. Terimakasih.

  35. bayu 29/12/2016 at 1:26 AM - Reply

    mas mau tanya…
    kalo gardan vario 110 2012 di ganti sama vario 125 bisa gak ??
    mohon di balas……

  36. Sri anastasia 06/01/2017 at 7:24 PM - Reply

    Saya baru beli honda vario injection 110 cc pada
    Bulan juli 2016 dan saat ini km menunjuk angka
    13135.tapi tarikannya kurang bertenaga.
    Apa penyebabnya. Trims

  37. mamak 11/02/2017 at 8:55 AM - Reply

    Knp honda vario sy sering khabisan oli mesin, paling lm 15hr, bru mnt d ganti oli mesin lg, busi, putih, tdk kluar asap, dmn letak krusakanya? Mhon sgera dbls

  38. Handoyo 22/02/2017 at 8:48 AM - Reply

    Kalo vario saya kemarin molor bgt tarikannya uda ganti v belt,kampas ganda,sm roller tp masih berat tarikannya…

  39. suharyanto 29/09/2017 at 1:59 PM - Reply

    Saya punya keluhan motor Vario 125 saya malah bermasalah saya masukkin AHass cabang Jl.PM.Noor di Samarinda, mereka kurang Paham rakit mesin, datang senyam pulang malah Bnyak Bunyi mesin vario Saya, tolong cek mekaniknya dah pengalaman apa belon biar ngak ngerusak nama AHass lainnya…

Leave A Response »

%d blogger menyukai ini: