Baiknya Ganti Oli Sebelum atau Sesudah Mudik?

Ahass Bintang 07/06/2017 0
Baiknya Ganti Oli Sebelum atau Sesudah Mudik?

Jakarta – Tradisi mudik sudah menjadi ciri khas masyarakat Indonesia khususnya pada Hari Raya Lebaran. Agar mudik tetap bisa aman dan nyaman, kita pun harus mengecek kesiapan kendaraan kita.

Salah satunya mengecek oli kendaraan. Disarankan bagi pemudik untuk mengganti oli kendaraannya sebelum melakukan perjalanan mudik. Ini untuk mengantisipasi keadaan yang tak terduga di perjalanan nanti.

“Baiknya sebelum perjalanan sudah siap. Yang paling sering terjadi di kondisi macet kan macet panas karena jalan mesinnya terhambat,” kata Brand Small Engine Oil Manager PT Pertamina Lubricants, Totok Subagyo, di Jakarta.

“Motor kan pakai pendingin udara, kalau terhambat gerakannya maka mesin lebih panas ketika berhenti mesinnya jalan, oli kan tetap melumasi tetap terjadi gesekan,” lanjut Totok.

Menurut Totok itu bisa menyebabkan umur oli berkurang. Sehingga dengan mengganti oli di awal, oli masih bisa bekerja secara maksimal.

Berbeda dengan yang mereka tak mengganti oli sebelum mudik karena kondisi umurnya sudah setengah pakai justru mengakibatkan rusaknya pelumas.

“Kalau setengah pakai, di jalan mesin nyala terus nah itu suhu tinggi potensi rusaknya pelumas, aditif akibat suhu dan gesekan akan memperpendek umur oli,” jelas Totok. (dry/ddn)

 sumber:detikOto

Leave A Response »

%d blogger menyukai ini: